Minggu, 06 Mei 2012

Definisi Organisasi dan Metode



ORGANISASI & METODE 

                       


                               





Disusun oleh,  
Nama              : Agung Dwi Putranto
NPM                : 39111534





1DB11




Definisi Organisasi dan Metode
Organisasi dana metode secara penulisan ada dua kata yang berbeda, dan memiliki arti yang luas
Istilah organisasi dapat diartikan :
Wadah : sekelompok manusia untuk saling bekerjasama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Pengertian organisasi :
  • Organisasi menurut Stoner
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
  • Organisasi menurut James D. Mooney
adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Organisasi Menurut Chester I. Bernard
merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Istilah metode :
Berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Teori Organisasi
1. Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh para teoritisi klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas.
a. Teori Birokrasi
Teori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism. Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
b. Teori Administrasi
Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika.
Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun 1841-1925 mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi adalah :
  1. Pembagian kerja (division of work)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibility)
  3. Disiplin (discipline)
  4. Kesatuan perintah (unity of command)
  5. Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  6. Mendahulukan kepentingan umum daraipada pribadi
  7. Balas jasa (remuneration of personnel)
  8. Sentralisasi (centralization)
  9. Rantai scalar (scalar chain)
  10. Aturan (oreder)
  11. Keadilan (equity)
  12. Kelanggengan personalia (stability of tenure of personnel)
  13. Inisiatif (initiative)
  14. Semangat korps (spirit de corps)

MACAM ORGANISASI DARI SEGI TUJUAN DAN LUAS WILAYAHNYA
1. Organisasi Niaga
Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.
Macam-macamnya yaitu :
  1. Perseroan Terbatas (PT)
  2. Perseroan Komanditer (CV)
  3. Firma (FA)
  4. Koperasi
  5. Join ventura
  6. Holding Company
2. Organisasi sosial dan organisasi kemasyarakatan.
Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.
  1. Jalur pembentukannya :
  2. Jalur Keagamaan
  3. Jalur Profesi
  4. Jalur Kepemudaan
  5. Jalur Kemahasiswaan
  6. Jalur Kepartaian & Kekaryaan
  7. Organisasi Regional dan internasional.
3. Organisasi regional
adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
4. Organisasi internasional
adalah organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.

BENTUK ORGANISASI
1. Organisasi Garis
Bentuk organisasi tertua dan paling sederhana. Ciri-ciri bentuk organisasi ini adalah organisasinya masih kecil, jumlah karyawannya sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
2. Organisasi Garis dan staf
Dianut oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pimpinan di dalam organisasi.
3. Organisasi fungsional
Organisasi yang disusun atasdasar yang harus dilaksanakan organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas.
4. Organisasi Panitia
Organisasi dibentuk hanya untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.
5. Organisasi Lini dan Staf
Staf tugasnya memberi layanan dan nasihat kepada manager dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Tugas yang dilakukan oleh ini merupakan tugas-tugas pokok dari suatu organisasi atau perusahaan
Berikut ini adalah pengertian dan definisi organisasi menurut beberapa ahli :

ROSENZWEIG
Organisasi dapat dipandang sebagai :
  • Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok
  • Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
  • Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama
MATTHIAS AROEF
Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya

 PFIFFNER dan SHERWOOD
Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis

BAKKE
Organisasi merupakan  sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan

ALLEN
Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.


Sebuah organisasi tidak akan bisa lepas dengan yang namanya struktur organisasi. Karena struktur organisasi adalah cara suatu aktivitas organisasi dibagi, di organisir, dan dikoordinasikan.
Menurut ERNEST DALE, sebuah struktur organisasi harus memuat tentang 5 hal  sebagai berikut:
  • Daftar pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi
  • Membagi jumlah beban kerja dalam tugas-tugas atau biasa disebut pembagian kerja (devision of work)
  • Menggabungkan tugas-tugas dalam keadaan yang logis dan efisien atau departementalisasi (departmentalization)
  • Menetapkan mekanisme untuk koordinasi
  • Memonitor efektivitas struktur organisasi dan melakukan penyesuaian apabila diperlukan
(indahf/Carapedia)

Pencarian Terbaru (100)
Pengertian organisasi. Definisi organisasi. Definisi organisasi menurut para ahli. Fb. Defenisi organisasi. Devinisi organisasi. Organisasi menurut para ahli.
Pengertian kerjasama. Arti organisasi. Pengertian kelompok menurut para ahli. Konsep organisasi. Pengertian sumber daya alam menurut para ahli. Pengertian pengorganisasian. Pengertian kerjasama menurut para ahli.
Arti organisasi menurut para ahli. Pengertian perilaku organisasi menurut para ahli. Definisi kelompok menurut para ahli. Pengertian struktur organisasi menurut para ahli. Organisasi menurut ahli. Arti administrasi menurut para ahli. Definisi perilaku menurut para ahli.
Pengertian konflik sosial menurut para ahli. Pengertian organisasi sosial menurut para ahli. Pengertian perilaku menurut para ahli. Definisi organisasi menurut ahli. Definisi perilaku organisasi menurut para ahli. Struktur organisasi menurut para ahli. Definisi kerjasama.
Definisi kerjasama menurut para ahli. Definisi konflik menurut para ahli. Pengertian konflik menurut para ahli. Pengertian dokumen menurut para ahli. Pengertian konflik menurut beberapa ahli. Definisi pengorganisasian. Definisi struktur organisasi menurut para ahli.
Pengertian pengorganisasian menurut para ahli. Pengertian organisasi sosial. Maksud organisasi. Definisi perilaku menurut ahli. Perilaku menurut para ahli. Pengertian organisasi menurut para pakar. Tanggung jawab menurut para ahli.
Definisi konflik sosial menurut para ahli. Definisi lembaga. Perilaku organisasi menurut para ahli. Definisi dari organisasi. Pengertian struktur sosial. Konflik menurut para ahli. Pengertian organisasi menurut para ahli di indonesia.
Geogle. Definisi organisasi menurut beberapa ahli. Konsep organisasi menurut para ahli. Pengertian perilaku menurut ahli. Pengertian perilaku organisasi. Definisi pengorganisasian menurut para ahli. Definisi sikap menurut para ahli.
Pengertian administrasi menurut para tokoh. Definisi organisasi sosial. Difinisi organisasi. Organisasi pengertian. Teori organisasi menurut para ahli. 10 pengertian organisasi menurut para ahli. Konflik sosial menurut para ahli.
Pengertian mekanisme menurut para ahli. Organisasi adalah. Definisi tentang organisasi. Pengertian organisir. Pengertian dokumen menurut beberapa ahli. Pengorganisasian menurut para ahli. Definisi sistem sosial menurut para ahli.
Pengertian sistem organisasi. Definisi organisasi sosial menurut para ahli. Pengertian organisasi para ahli. Penertian organisasi. Administrasi menurut para pakar. Organisasi menurut parah ahli. Teori perilaku organisasi menurut para ahli.
Pengertian organisasi adalah. Pengertian lembaga menurut para ahli. Depinisi organisasi. Definisiorganisasi. Pengertian dari organisasi. Pengertian organisasi menurut kbbi. Definisi organisasi menurut.
Definisi lembaga menurut para ahli. Pengertian tugas menurut para ahli. Konflik dalam perilaku organisasi. Pengertian dan definisi organisasi. Devenisi organisasi. Definisi sumber daya alam menurut para ahli. Pengetian organisasi.
Organisasi menurut pakar. Devinisi organisasi menurut para ahli. Pengertian perilaku administrasi para 10 ahli ahli 10 ahli ahli. Manajemen sosial menurut para ahli. Defenisi pengorganisasian. Konsep dan definisi ilmu administrasi menurut para ahli. Organisasi definisi.
Pakar organisasi. Pengertian konflik.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar